Prof. Dr. H. Syamsudin Mahmud semasa hidup. Foto: Antara
Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Gubernur Aceh periode 1993-2000, Syamsudin Mahmud, meninggal dunia dalam usia 87 tahun di RSUD dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Sabtu (22/5/2021) pukul 10.30 WIB. Almarhum disholatkan pada pukul 12.00 WIB di halaman parkir belakang RSUDZA dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pemerintah Aceh menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Syamsudin Mahmud. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menilai, mendiang merupakan tokoh Aceh yang berjasa dalam membangun Serambi Mekah. 

Syamsudin Mahmud adalah Gubernur Aceh periode 1993 – 2000. Almarhum diangkat sebagai Gubernur Aceh menggantikan pendahulunya Ibrahim Hasan.

“Kepergian beliau menjadi suatu kehilangan besar bagi masyarakat Aceh,” kata Nova.

Nova mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk menyampaikan doa kepada almarhum. Dirinya juga berdoa agar keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan.

“Mari sama-sama kita mengirimkan doa, Insya Allah almarhum mendapatkan balasan surga dari Allah,” kata Nova.

Menurut keterangan seorang keluarga, Almarhum akan dimakamkan di Beureunuen, Pidie dan langsung diberangkatkan ke pemakaman usai prosesi pelepasan dari RSUDZA Banda Aceh. Mendiang yang sudah sepuh sempat terpapar Covid-19 sebelum meninggal, sehingga prosesi sholat jenazah dilakukan menggunakan protokol kesehatan.


Editor : Erwin C Sihombing

BERITA TERKAIT