Mantan Bupati Simeulue, Darmili membayar kerugian negara dalam kasus korupsi ke Kejari Simeulue, Jumat (3/6/2022). (Foto: Kejari Simeulue)
Antara

SIMEULUE, iNews.id - Mantan Bupati Simeulue, Darmili membayar kerugian negara dalam kasus korupsi penyertaan modal Pemerintah Daerah Simeulue sebesar Rp595 juta. Uang tersebut diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Simeulue.

"Uang sebanyak Rp595 juta tersebut diserahkan Afridawati, istri terpidana Darmili kepada jaksa penuntut umum," ujar Kepala Kejari Simeulue, Hari Wibowo, Jumat (3/6/2022).

Hari mengatakan, Darmili saat ini masih menjalankan pidana penjara. Dia divonis empat tahun enam bulan penjara dan denda Rp200 juta.

Selain pidana penjara dan denda, Darmili sebagai terpidana korupsi juga diwajibkan mengembalikan kerugian negara. Apabila tidak dibayarkan, satu unit rumah dan dua unit mobil miliknya akan disita untuk menutupi kerugian negara.

"Besaran uang pengganti tersebut berdasarkan putusan Mahkamah Agung," ujarnya.

Sebelumnya Darmili yang divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor Aceh mengajukan banding dan kasasi. Namun Bupati Simeulue dua periode sejak 2002 hingga 2012 itu selalu kalah.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT