10 Rumah di Aceh Tenggara Amblas ke Sungai Lawe Alas

Ismail Marzuki ยท Selasa, 28 November 2017 - 15:22:00 WIB
10 Rumah di Aceh Tenggara Amblas ke Sungai Lawe Alas
Sungai Lawe Alas mengikis bangunan rumah warga di Desa Pedesi, Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh. (Foto: iNews/Ismail Marzuki)

ACEH TENGGARA, iNews.id – Curah hujan yang tinggi dalam sepekan terakhir mengakibatkan 10 rumah warga di Desa Pedesi, Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, amblas ke Sungai Lawe Alas, Selasa (28/11/2017). Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Warga terpaksa mengungsi di rumah kerabatnya.

Air sungai meluap setelah tanggul jebol dan selanjutnya mengikis rumah di bantaran. Dari 10 rumah warga yang amblas, tiga bangunan rumah warga hancur total diterjang luapan deras air sungai. Sementara tujuh rumah lain rusak karena bagian belakang bangunan rubuh.

Warga sejak awal sudah memantau ketinggian air sungai. Saat arus sungai yang deras menerjang permukiman, warga segera menyelamatkan diri. Saat ini, para korban banjir berupaya menyelamatkan harta bendanya dengan memindahkan untuk sementara ke rumah tetangga maupun kerabat.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara membantu warga menyelamatkan harta benda korban. Petugas juga mendata korban di lokasi bencana. “Rencananya, kami akan mendirikan posko untuk korban dan mengerahkan alat berat untuk memperbaiki kerusakan tanggul,” petugas BPBD Aceh Tenggar, Desi Yuni Anggraini.

Selain rumah amblas, puluhan hektare (ha) lahan kebun milik warga ikut terendam lupana air sungai dan diperkirakan gagal panen. Akibat kejadian ini, warga mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Warga berharap pemerintah daerah setempat secepatnya mengerahkan alat berat mengingat curah hujan masih tinggi.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: