18 Kasus Varian Delta Terdeteksi di Aceh, Satgas: Masyarakat Jangan Panik

Antara ยท Jumat, 27 Agustus 2021 - 09:02:00 WIB
18 Kasus Varian Delta Terdeteksi di Aceh, Satgas: Masyarakat Jangan Panik
Pangdam Iskandar Muda bersama Kapolda Aceh meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di LPMP Desa Niron, Aceh Besar, Rabu (25/8/2021). Foto: Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Satgas Covid-19 Aceh meminta masyarakat untuk tidak panik menyikapi ditemukannya kasus Covid-19 varian Delta. Sejauh ini 18 kasus varian Delta sudah terdeteksi di Aeh. 

"Masyarakat tidak perlu panik menyikapi penambahan varian Delta di Aceh. Keganasan virus varian baru ini masih efektif diatasi dengan protokol kesehatan yang dikampanyekan selama ini dan dua dosis vaksinasi Covid-19," kata Jubir Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Kamis (26/8/2021).

Menurut Saifullah, 11 kasus varian Delta pertama kali terdeteksi di Aceh belum lama ini sebelum terjadi tujuh penambahan kasus sehingga totalnya 18 kasus. Saifullah masih menunggu data terperinci dari pemerintah pusat untuk memastikan kabupaten/kota mana saja yang terdeteksi memiliki kasus varian Delta. 

Sekalipun begitu, dia menilai, warga perlu diinformasikan adanya kasus varian Delta di Aceh sehingga masyarakat bisa memitigasi dan meningkatkan kewaspadaan. Dia meminta masyarakat untuk patuh protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi Covid-19.

Sekarang ini terdapat tujuh daerah zona merah di Aceh yakni Kota Langsa, Banda Aceh, dan Aceh Besar, Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Pidie, dan Kota Sabang. Sedangkan Aceh Singkil turun menjadi zona oranye bersama 13 kabupaten/kota lainnya di Tanah Rencong, sedangkan dua wilayah berstatus zona kuning yaitu Bener Meriah dan Aceh Barat Daya.

Editor : Erwin C Sihombing