18 Titik Panas Terpantau di Aceh Diindikasi akibat Karhutla

Antara ยท Rabu, 31 Juli 2019 - 12:32:00 WIB
18 Titik Panas Terpantau di Aceh Diindikasi akibat Karhutla
Ilustrasi titik panas terpantau akibat kebakaran hutan dan lahan. (Foto: Dok iNews).

ACEH BESAR, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda mendeteksi ada 18 titik panas di Aceh dalam dua hari terakhir. Hotspot tersebut diindikasi akibat kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Sultan Iskandar Muda Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan, titik panas tersebut tersebar di lima kabupaten wilayah Aceh.

"Terdeteksi ada 18 titik panas di Aceh," kata dia kepada wartawan di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Rabu (31/7/2019).

Rinciannya titik panas terpantau di Kabupaten Pidie, Aceh Besar, Gayo Lues, Aceh Barat, dan Aceh Jaya. Sedangkan titik api berada di Bubon (Aceh Barat), Seulimun (Aceh Besar), Muara Tiga (Pidie), dan Blangjeramo (Gayo Lues).

"Titik api memiliki tingkat kepercayaan kebakaran mulai 81 hingga 92 persen," ujar dia.

Munculnya hotspot tersebut, BMKG meminta instansi terkait agar melakukan pemantauan. Lalu melihat tanda-tanda, seperti ada asap membumbung tinggi, terutama di lokasi terbakar dan patut diduga terbakar.

Plt Gubenur Aceh, Nova Iriansyah, awal tahun ini telah mengimbau kepala daerah berupaya melakukan pencegahan dini terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan.

"Surat Gubernur Aceh terkait kebakaran hutan dan lahan dengan Nomor 360/373 tanggal 11 Januari 2019, ditujukan kepada bupati/wali kota se-Aceh," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal