2 Pelaku Pembalakan Liar di Aceh Besar Ditangkap, Mobil Pikap Isi Kayu Meranti Diamankan

Syukri Syarifuddin · Kamis, 18 Februari 2021 - 09:39:00 WIB
2 Pelaku Pembalakan Liar di Aceh Besar Ditangkap, Mobil Pikap Isi Kayu Meranti Diamankan
Mobil pikap isi kayu meranti disita petugas karena pemilik tak bisa menunjukkan surat-surat lengkap. (Foto: iNews/Syukri Syarifuddin)

ACEH BESAR, iNews.id – Dua orang pelaku pembalakan liar (illegal logging) ditangkap aparat dari Reserse Kriminal Polres Aceh Besar, Aceh. Dalam penangkapan itu, petugas menyita barang bukti satu mobil pikap berisi kayu meranti yang hendak dijual pelaku. 

IS dan MY ditangkap saat petugas patroli rutin di Kecamatan Lhoong, Rabu (17/2/2021) sekitar pukul 05.00 WIB. Petugas curiga karena mobil pelaku ditutup rapi dengan terpal, sementara kondisi ban yang nyaris kandas. 

Kasat Reskrim Polres Aceh Besar, Iptu Zeska Julian Taruna mengatakan, petugas selanjutnya menghentikan laju mobil pikap dan mengecek muatan di seputaran Gunung Kulu. Alhasil, petugas menemukan belasan kubik kayu meranti ukuran 7 kali 14 sentimeter sebanyak dua meter kubik. 

“Kedua tersangka tidak mampu menunjukkan dokumen kelengkapan yang sah. Selanjutnya, pelaku dan mobil digelandang ke Mapolres Aceh Besar, Aceh,” katanya, Rabu (17/2/2021). 

Tersangka dijerat dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Perusakan Hutan. Hukuman yang menanti pelaku yakni penjara maksimal lima tahun atau denda sebanyak Rp2,5 miliar. 

Editor : Umaya Khusniah