3 Pencuri Sapi di Pidie Ditembak usai Kejar-Kejaran dengan Polisi, 2 Kabur

Jamal Pangwa · Selasa, 16 Februari 2021 - 19:28:00 WIB
3 Pencuri Sapi di Pidie Ditembak usai Kejar-Kejaran dengan Polisi, 2 Kabur
Tiga ekor sapi yang dicuri komplotan spesialis pencurian ternak diamankan petugas Polres Pidie setelah terjadi aksi kejar-kejaran dengan pelaku. (Foto: MNC Portal/Jamal Pangwa)

PIDIE, iNews.id – Aksi kejar-kejaran mewarnai penangkapan lima pelaku spesialis pencurian ternak sapi di Kabupaten Pidie, Aceh, Selasa (16/2/2021). Tiga pelaku ditangkap setelah diberi tindakan tegas dan terukur dengan ditembak, sedangkan dua lainnya meloloskan diri. 

Ketiga pelaku yakni, FZ (21), YL (23) dan AZ (40). Sedangkan dua pelaku lain masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) dan identitasnya sudah dikantongi petugas.

Kasat Reskrim Polres Pidie, AKP Ferdian Chandra mengatakan, komplotan pencuri ternak sapi itu baru selesai beraksi di Krueng Raya, Aceh Besar. Mereka mencuri tiga ekor sapi dan dimasukan ke mobil Diahatsu Xenia putih. 

Komplotan tersebut kemudian kabur melalui Jalan Laweung, Desa Suka Jaya, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie. 

“Awalnya, kami dapat informasi ada mobil mencurigakan diduga komplotan kurir sabu. Petugas kemudain bergerak ke TKP dan melihat mobil Xenia putih di pinggir jalan. Saat didekati, mobil langsung kabur,” katanya. 

Tak ingin buruannya lolos, petugas gabungan Polres Pidie kemudian mengejar dan memberikan tembakan peringatan.

Namun, mobil komplotan itu terus melaju dengan kecepatan tinggi sebelum akhirnya mobil berhenti karena terperosok ke parit.

“Setelah berhenti, kelima pelaku ini langsung keluar dan mencoba melarikan diri. Tiga orang dapat ditangkap dengan salah satu nya terpaksa dilumpuhkan. Sedangkan dua orang dengan inisial WD dan H berhasil melarikan diri dan masuk ke DPO,” katanya.

Dia menyebutkan, dari hasil penggeledahan ditemukan tiga ekor sapi dalam keadaan terikat di kursi belakang.

“Berdasarkan pengakuan para tersangka sapi-sapi tersebut merupakan hasil curian di sekitar Jalan Krueng Raya, Aceh Besar,” ucapnya.

Editor : Kastolani Marzuki