5 Pelaku Penipuan dan Pencurian Minyak dari Kapal Tanker di Lhokseumawe Ditangkap Polisi

Antara · Jumat, 05 Maret 2021 - 09:25:00 WIB
5 Pelaku Penipuan dan Pencurian Minyak dari Kapal Tanker di Lhokseumawe Ditangkap Polisi
Ilustrasi pencuri ditangkap. (Foto: Ist)

BANDA ACEH, iNews.id – Lima orang terduga pelaku penipuan dan pencurian minyak dari kapal tanker yang hendak dipindahkan ke Depo Pertamina Regional II Lhokseumawe, Provinsi Aceh ditangkap polisi. Para pelaku ditangkap usai menggelapkan 29 jerigen minyak dari kapal tanker MT Garuda Asia yang hendak dipindahkan ke Depo Pertamina.

Kelima pelaku yakni berinisial RG (36), MD (26), DI (36) dan MS (37). Semuanya warga Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe. Pelaku lainnya FR (41), warga Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Polres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto mengatakan, kelima pelaku ditangkap di Desa Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Rabu dini hari (3/3/2021). Penangkapan bermula saat komplotan pelaku hendak siap menjemput bahan bakar hasil curiannya menggunakan sebuah perahu motor menuju ke kapal tanker tersebut.

"Modus mereka lakukan, dengan mengatakan kepada anak buak kapal tanker sudah mendapat izin dari chief officer dan juru pompa kapal tanker. Alasan mereka, minyak tersebut akan diberikan kepada pemuda setempat," kata dia.

Oleh karena dianggap sudah dapat izin atasannya, anak buah kapal tanker itu mempersilakan pelaku RG mengambil minyak dari MT Garuda Asia. RG, MD, dan DI bertugas menjemput minyak dari kapal tanker. Sedangkan dua lainnya, MS dan FR menunggu di darat.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2