5 Suku Pedalaman di Indonesia yang masih sangat Terasing, Nomor 2 Sempat Viral

Ami Heppy S ยท Kamis, 14 April 2022 - 22:20:00 WIB
5 Suku Pedalaman di Indonesia yang masih sangat Terasing, Nomor 2 Sempat Viral
5 Suku pedalaman di Indonesia yang masih sangat terasing (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id- 5 Suku pedalaman di Indonesia yang masih sangat terasing, bisa kamu simak penjelasannya. Diketahui, Indonesia merupakan negara multikultural yang artinya memiliki keberagaman suku, budaya, dan agama. 

Ada sekitar 1.300 suku yang tersebar dan mendiami seluruh wilayah Indonesia.  Selain suku-suku besar yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, di Indonesia juga masih terdapat suku-suku pedalaman yang masih sangat terasing dan bahkan ada yang tidak mengenal dunia luar. 


Selain terasing, suku-suku pedalaman di Indonesia juga ada yang terancam punah.

Berikut ini kami rangkumkan 5 suku pedalaman di Indonesia yang masih sangat terasing, apa saja?

1. Suku Sakai

Suku Sakai merupakan salah satu suku terasing di Indonesia. Suku Sakai diketahui hidup di Pulau Sumatera, atau tepatnya di Kepulauan Riau. 
Suku ini hidup secara nomaden dan masih menggantungkan hidupnya kepada alam.
 Mereka juga dikenal sangat menghormati hutan adat mereka. Mereka juga memiliki peraturan tertentu yang tidak boleh dilanggar, diantaranya adalah aturan pelarangan penebangan pohon.

Bagi yang melanggar akan dikenakan denda yang disesuaikan dengan usia pohon yang ditebang. 

2. Suku Mante

Suku Mante sudah mendiami wilayah Aceh sejak ribuan tahun yang lalu. 
Suku ini hidup menyendiri di pedalaman hutan-hutan di Aceh dan diperkirakan mereka datang dari Campha, Kamboja. 
 
Namun, kini keberadaan suku Mante diperkirakan sudah punah karena sudah tidak pernah terlihat lagi. Ciri fisik suku Mante adalah ukuran tubuh mereka yang kecil atau biasa disebut sebagai orang kerdil.

Beberapa tahhun belakangan, suku Mante sempat viral. Kala rombongan motor Trail menerabas hutan, tiba-tiba muncul sesosok manusia kerdil. Disinyalir makhluk tersebut merupakan Suku Mante.

3. Suku Polahi

Suku ini tinggal di pedalaman hutan, tepatnya di lereng Gunung Boliyohuto, Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo.

Dibandingkan suku-suku lainnya, suku Polahi ini merupakan salah satu suku yang sangat terasing. Mereka hidup nomaden dan belum mengenal pakaian serta baca tulis.

Orang Polahi telah mengasingkan diri dari masyarakat umum sejak masa penjajahan Belanda di Nusantara.

Pemimpin suku saat itu memilih mengasingkan diri ke hutan lantaran menolak tunduk pada peraturan serta penindasan yang dilakukan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). 
Sejak itu anggota suku Polahi hidup nomaden atau berpindah-pindah di dalam hutan. 


4. Suku Korowai

Suku Korowai ini tinggal di pedalaman Papua. Suku ini disebut bermukim di atas pohon, bahkan menurut beberapa sumber rumah suku Korowai bisa berada di atas ketinggian hingga 50 sampai 100 meter dari permukaan tanah.

5. Suku Togutil

Suku Togutil hidup di pedalaman hutan Tayawi, Sulawesi. Suku ini juga dikenal sebagai Suku Tobelo Dalam. 
Togutil diartikan sebagai suku terbelakang karena hidupnya bergantung pada hutan. Kelompok ini juga tinggal di pinggir sungai.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel: