Aceh Akan Diguyur Hujan Selama Tiga Hari, Warga Diminta Antisipasi Banjir

Antara · Minggu, 03 Januari 2021 - 10:35:00 WIB
Aceh Akan Diguyur Hujan Selama Tiga Hari, Warga Diminta Antisipasi Banjir
Aceh berpotensi diguyur hujan deras hingga tiga hari ke depan. (Foto: Ilustrasi/Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh Besar memprediksi akan terjadi hujan selama tiga hari ke depan. Warga diminta mengantisipasi banjir.

"Secara umum Aceh akan berpotensi hujan tiga hari ke depan. Hujan ringan hingga sedang, namun untuk beberapa wilayah hujan sedang hingga lebat," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Besar, Zakaria Ahmad, M1nggu (3/1/2021).

Menurutnya sejak beberapa hari terakhir ini di Aceh terjadi belokan angin sehingga menyebabkan pelambatan kecepatan angin khusus di udara atas. Begitu juga anomali suhu muka laut sehingga potensi terjadi hujan lebih besar.

"Karena air laut yang menguap, kemudian terjadi belokan angin dan pelambatan pergerakan sehingga menumpuk di wilayah Aceh maka terjadinya hujan," ujarnya.

Dia menyebut wilayah di Aceh yang berpotensi hujan sedang hingga lebat antara lain di Kabupaten Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Tenggara, Bener Meriah.

Selain itu pantai barat selatan mulai dari Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, dan Subulussalam.

Meski diprediksi hujan ringan, warga di beberapa wilayah, seperti Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tenggara, serta Aceh Singkil diminta tetap mewaspadai banjir.

"Untuk wilayah selain itu, akan terjadi hujan ringan hingga hujan sedang," katanya.

Editor : Reza Yunanto