Atasi Penyebaran Covid di Aceh, Sejumlah Pemuda Dilatih Menjadi Relawan Pencegahan 

Antara · Jumat, 01 Januari 2021 - 08:51:00 WIB
Atasi Penyebaran Covid di Aceh, Sejumlah Pemuda Dilatih Menjadi Relawan Pencegahan 
Ilustrasi virus Covid-19. (Foto: iNews)

BANDA ACEH, iNews.id - Sejumlah pemuda di Provinsi Aceh dilatih menjadi relawan pencegahan Covid-19. Mereka diberi pembekalan dan sosialisasi oleh Generasi Muda Mathla’ul Anwar (Gema MA) Aceh.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh melalui Kepala Bidang Kepemudaan, Saifullah mengatakan pemuda dibutuhkan dalam upaya pencegahan Covid-19. Tercatat, pemuda di Aceh berjumlah 1,3 juta jiwa lebih atau 26 persen dari total jumlah penduduk setempat.

"Sehingga pemuda dapat berperan bersama pemerintah dalam mencegah Covid-19 dengan menyosialisasi arti penting protokol kesehatan," katanya, Kamis (31/12/2020).

Saifullah juga menekankan pentingnya pola hidup sehat untuk mencegah penularan virus. Salah satunya dengan aktivitas olahraga yang teratur setiap hari.

“Kami menganjurkan untuk olahraga 30 menit setiap harinya,” kata dia.

Sementara Ketua Gema MA Aceh, Hasnanda Putra mengatakan, untuk menekan kasus positif Covid-19 di "Tanah Rencong" itu, dibutuhkan keterlibatan semua komponen, salah satunya pemuda. Dia mengajak kaum muda menjadi relawan pencegahan Covid-19.

Caranya dengan menunjukkan keteladanan dan kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Dalam hal ini pemuda harus menunjukkan keteladanan kita di masa pendemi dengan selalu mengikuti prokes, bahkan kalau kita di Gema MA juga mengajurkan untuk selalu berwudu juga," katanya.

Dia berharap, anggota dan pengurus Gema MA seluruh Aceh bersinergi dengan pemerintah dan organisasi kepemudaan sekaligus masyarakat lainnya dalam mendukung kampanye pencegahan Covid-19.

"Semoga Allah selalu meridai langkah upaya kita semua untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Aceh sehat pemuda kuat dan Aceh hebat," katanya.

Editor : Umaya Khusniah