Banjir di Nagan Raya Rendam 2 Desa usai Diguyur Hujan Deras Seharian

Antara · Kamis, 25 Maret 2021 - 22:22:00 WIB
Banjir di Nagan Raya Rendam 2 Desa usai Diguyur Hujan Deras Seharian
Salah satu rumah di Aceh Timur yang terendam banjir. (Foto: Antara)

SUKA MAKMUE, iNews.id - Banjir merendam dua desa di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Kamis (25/3/2021) malam. Kedua desa itu yakni, Blang Bayu, Kecamatan Seunagan Timur dan Kuta Jeumpa, Kecamatan Beutong.

Banjir terjadi setelah wilayah itu diguyur hujan deras. Ketinggian air di rumah warga rata-rata mencapai 50 sentimeter.

“Genangan banjir yang melanda dua desa di Nagan Raya akibat guyuran hujan lebat,” kata petugas Pusat Pengendalian Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Haslida Juwita.

Menurut dia, banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur Nagan Raya sejak Kamis siang hingga sore hari yang menyebabkan aliran Sungai (Krueng) Kulu di sepanjang Kecamatan Beutong dan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya meluap.

Hingga Kamis malam, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya masih terus berupaya melakukan pendataan, guna memastikan dampak yang ditimbulkan akibat bencana tersebut.

Guna meminimalisasi genangan banjir, kata Haslinda Juwita, petugas dari BPBD Kabupaten Nagan Raya juga melakukan pembersihan sumbatan sampah di pintu air di aliran sungai yang meluap.

“Petugas juga melakukan pendataan terhadap korban terdampak banjir dan juga berkoordinasi dengan intansi terkait,” katana menambahkan.

"Hingga Kamis malam ketinggian banjir yang melanda dua desa di Kabupaten Nagan Raya Aceh mulai surut dan hujan masih mengguyur sebagian besar daerah tersebut," kata Haslinda Juwita.

Editor : Kastolani Marzuki