Bawa 130 Kg Ganja, 2 Polisi Ditangkap saat Minum Kopi di Lawe Sikap

Ismail Marzuki ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 11:51 WIB
Bawa 130 Kg Ganja, 2 Polisi Ditangkap saat Minum Kopi di Lawe Sikap
Mobil patroli Shabara yang dipakai menyembunyikan ganja. (Foto: iNews/Ismail Marzuki).

ACEH TENGGARA, iNews.id - Dua oknum polisi dari Polres Gayo Lues, Provinsi Aceh, diringkus Satuan Resnarkoba Polres Aceh Tenggara lantaran kedapatan membawa ganja sebanyak 130 kilogram siap edar.

Ganja tersebut disembunyikan di dalam mobil patroli Satuan Shabara Polres Gayo Lues yang parkir di kawasan Lawe Sikap, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara.

Kapolres Aceh Tenggara, AKBP Rahmad Har Denny Yanto, mengatakan penangkapan ini berawal dari informasi petugas pos perbatasan daerah yang curiga adanya mobil dinas patroli yang melaju kencang dari Kabupaten Gayo Lues menuju Aceh Tenggara.

"Petugas pun melakukan penyelidikan, mereka menemukan mobil dinas kepolisian di kawasan Lawe Sikap, dua pelaku sedang asik minum kopi," kata Rahmad di Mapolres Aceh Tenggara, Aceh, Sabtu (8/12/2018).

Petugas pun langsung menggeledah mobil dinas milik Polres Gayo Luews ini. Alhasil ditemukan 130 kilogram paket ganja di belakang mobil tersebut.

Menurut dia, kedua pelaku yakni, Brigadir Jon Kenedi dan Brigadir Aldian, sengaja membawa ganja menggunakan mobil patroli Satuan Shabara, untuk mengelabui petugas kepolisian.

"Dari hasil penyelidikan sementara, dua oknum polisi ini sudah beberapa kali memasok ganja dari Kabupaten Gayo Lues, Aceh ke Medan, Sumatera Utara. Paket ganja ini akan dijual Rp2juta per kilogramnya," kata dia.

Atas perbuatannya, dua oknum polisi ini terancam dipecat dari satuan Polri. Mereka kini berada di ruang tahanan (rutan) Mapolres Aceh Tenggara, dan bisa dijerat Undang-Undang No 35 Tahun 2009, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal