BNNP Aceh Kesulitan Awasi Penyelundupan Narkoba, DPR Usul Penambahan Personel 

Kiswondari Pawiro · Jumat, 18 Februari 2022 - 17:24:00 WIB
BNNP Aceh Kesulitan Awasi Penyelundupan Narkoba, DPR Usul Penambahan Personel 
Kepala BNNP Aceh, Brigjen Pol Heru Pranoto menunjukkan barang bukti sabu dan ekstasi yang disita dari penangkapan dua tersangka, Selasa (13/10/2020).(Foto: iNews/Taufan Mustafa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh (BNNP) Aceh kesulitan mengawasi maraknya penyelundupan narkoba melalui pintu masuk atau pelabuhan tikus di pesisir pantai timur. Hal itu terjadi lantaran kurangnya personel.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni mengatakan, masalah tersebut perlu menjadi perhatian bagi BNN pusat, mengingat jalur dari Aceh merupakan salah satu jalur yang kerap menjadi lalu lintas narkoba di tanah air.

"Menurut saya hal ini patut diberi perhatian oleh BNN Pusat ya, mengingat jalur laut memang menjadi salah satu pintu utama yang digunakan para penyelundup narkoba untuk memasukkan barang haram ke Indonesia. Karenanya jika yang dibutuhkan adalah tambahan personel atau fasilitas, sudah selayaknya segera dikirimkan," kata Sahroni, Jumat (18/2/2022).

Dia juga menekankan pentingnya kelengkapan personel maupun infrastruktur dalam upaya pemberantasan narkoba, khususnya di wilayah-wilayah perbatasan yang kerap menjadi sarana lalu lintas narkoba internasional.

"BNN di daerah, khususnya yang daerahnya kerap menjadi lalu lintas narkoba internasional sudah seharusnya memiliki personel dan fasilitas yang memadai. Hal ini karena mereka pintu gerbang, titik awal masuknya narkoba ke Indonesia, jadi kita tidak bisa menutup mata. Perlu ditekankan bahwa haram hukumnya narkoba masuk ke Indonesia," kata Sahroni.

Kekurangan personel di BNNP Aceh dalam mengungkap penyelundupan narkoba sebelumnya diungkapkan Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Aceh, AKBP Mirwazi. 

Dia mengatakan, minimnya personel menyebabkan penyelundupan narkoba ke Aceh dari jalur laut dalam jumlah besar masih sering terjadi.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: