Cari Ikan di Sungai, 3 Remaja di Langsa Tewas Tenggelam

Antara · Minggu, 15 April 2018 - 20:29:00 WIB
Cari Ikan di Sungai, 3 Remaja di Langsa Tewas Tenggelam
Ilustrasi korban tenggelam. (Foto: Okezone)

LANGSA, iNews.id – Berniat mencari ikan di muara sungai, tiga orang remaja di Kota Langsa, Aceh, tewas tenggelam setelah sampan yang dinaikinya terbalik, Minggu (15/4/2018). Ketiga jenazah korban berhasil ditemukan setelah tim gabungan terdiri dari Satgas SAR Langsa, Basarnas, PolAirud Polres Langsa, Polsek Langsa Barat dan sejumlah warga melakukan pencarian.

Ketua Satgas SAR Kota Langsa, Heru Iskandar mengatakan, awalnya pihaknya mendapat laporan menenai terbaliknya dua sampan yang digunakan enam remaja saat memancing di seputaran alur Kuala Langsa, sekira pukul 11.00 WIB. "Ada enam remaja memancing dengan sampan, kemudian kedua sampan tersebut terbalik dalam posisi terikat keduanya, tiga orang dinyatakan tenggelam dan tiga lainnya selamat," ujar Heru, sebagaimana dilansir dari Antara, Minggu (15/4/2018).

Ketiga korban meninggal diduga karena tidak bisa berenang diantaranya Mahfud (18) pelajar kelas 2 SMA, Amar (13) pelajar kelas 3 SMPN 12, dan Popon (17) pelajar kelas 1 STM Negeri Langsa. Sedang korban selamat yakni, Fonna Abu Jabar, Naldi dan Fakhrizal yang kesemuanya merupakan pelajar sekolah menengah atas di Kota Langsa.

Heru menuturkan, pencarian korban dilakukan dengan menyisir seputaran alur Kilometer 5 di Kuala Langsa. Pada mulanya, tim gabungan menemukan dua korban yang telah meninggal dunia. "Setelah dilakukan pencarian, dua korban atas nama Mahfud dan Muhammad Amar telah berhasil ditemukan," ucapnya.

Pencarian pun dilanjutkan untuk menemukan satu korban lainnya atas nama Popon yang masih belum ditemukan. Sekitar pukul 16.00 WIB, korban ketiga pun berhasil ditemukan. "Alhamdulillah atas kerja keras semua pihak, ketiga korban tenggelam telah ditemukan dan jenazah sudah diserahkan pada pihak keluarga masing-masing," kata Heru.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kronologis kejadian bermula ketika keenam remaja tersebut berangkat memancing ikan di sungai, menggunakan dua unit sampan berukuran lima meter milik Budi (36), nelayan Kuala Langsa.

Kedua sampan tersebut terikat satu dan lainnya. Kemudian, korban Mahfud bercengkrama dengan sesama temannya di atas sampan hingga terbalik dan keenamnya terjebur ke sungai. Beruntung, tiga korban berhasil menyelamatkan diri. Namun malang, tiga lainnya tenggelam hingga meregang nyawa.

Editor : Himas Puspito Putra