Cegah Paham Radikal Berkembang, Pemkab Aceh Barat Tingkatkan Program Kampung Muslimin 

Antara · Selasa, 06 April 2021 - 10:51:00 WIB
Cegah Paham Radikal Berkembang, Pemkab Aceh Barat Tingkatkan Program Kampung Muslimin 
Ilustrasi radikalisme. (Foto: Istimewa)

BANDA ACEH, iNews.id – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh dalam upaya pencegahan paham radikal dan intoleransi dalam masyarakat dan generasi muda. Salah satunya dengan semakin meningkatkan Program Kampung Muslimin. 

“Tujuan kegiatan kampung muslimin ini yaitu sebagai upaya pemerintah menangkal berbagai paham atau ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa dan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Bupati Aceh Barat, Ramli MS, Senin (5/4/2021).

Dia mengatakan, program kampung muslimin sudah dilaksanakan sejak tahun 2018. Dalam pelaksanaannya, pemerintah daerah juga melibatkan pemateri dari TNI, Polri, kejaksaan, ASN, tenaga kesehatan dan tokoh agama. Masing-masing memberikan aneka materi di antaranya seperti wawasan kebangsaan, ideologi Pancasila, UUD 1945, sosialisasi hukum, kesehatan serta pemantapan ilmu agama Islam.

Sementara khusus untuk anak-anak, mereka ada pembekalan pendidikan akidah, akhlak, serta pemahaman ajaran kitab suci Alquran. Dengan demikian, diharapkan generasi muda di Aceh Barat menjadi generasi yang cinta agama dan NKRI. 

“Jadi, selain mencegah adanya paham radikal dan intoleransi, kegiatan kampung muslimin di Aceh Barat juga sebagai upaya untuk membentengi masyarakat Aceh dari paham yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Karena kita semua cinta dengan tanah air,” kata Ramli MS.

Editor : Umaya Khusniah