Diduga Korban Perburuan, Gajah Mati dengan Gading Hilang di Pidie Jaya

Antara ยท Kamis, 15 November 2018 - 15:16 WIB
Diduga Korban Perburuan, Gajah Mati dengan Gading Hilang di Pidie Jaya
Ilustrasi gajah. (Foto: AFP)

PIDIE JAYA, iNews.id – Seekor gajah jantan ditemukan mati dengan kondisi gading hilang dan bercak di Gampong Blang Awe, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Rabu (14/11/2018). Kasus itu sudah dilaporkan ke pihak berwajib.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan, informasi meninggalnya gajah itu diterima dari petugas Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan atau BKPH Krueng Tiro yang berdomisili di Meureudu. Petugas BKPH Krueng Tiro tidak berani berlama-lama di lokasi temuan gajah jantan mati tersebut karena adanya kawanan gajah lainnya.

Pihaknya sudah membuat laporan polisi atas temuan kematian gajah jantan dengan kondisi gading hilang ke Polres Pidie. Selanjutnya, tim BKSDA akan diberangkatkan ke lokasi kejadian untuk melakukan neukropsi atau membedah gajah mati tersebut.

"Penyebab kematian gajah jantan belum dapat kami pastikan. Kami masih menunggu hasil neukropsi tim yang sudah ke lokasi kejadian bersama dengan polisi," ujar Sapto Aji di Banda Aceh, Kamis (15/11/2018).

Kendati penyebab kematian gajah belum bisa dipastikan, namun Sapto Aji menegaskan gajah jantan tersebut diduga kuat mati karena perburuan. Hal ini bisa dibuktikan dengan hilangnya gading gajah.

"Kami menduga gajah jantan itu mati karena perburuan. Apalagi lokasi gajah mati tersebut berada di pinggir kawasan hutan lindung dan bukan area konflik gajah dengan manusia," kata Sapto Aji Prabowo.


Editor : Donald Karouw