Duh, Lansia Aceh yang Divaksin Covid Tahap I Masih Jauh dari Target

Antara · Rabu, 05 Mei 2021 - 11:15:00 WIB
Duh, Lansia Aceh yang Divaksin Covid Tahap I Masih Jauh dari Target
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Foto: iNews/Indira Arii)

BANDA ACEH, iNews.id – Sebanyak 3.659 orang lanjut usia (lansia) di Aceh telah divaksin Covid-19 dosis pertama. Jumlah ini hanya 0,8 persen dari target lansia yang mencapai 435.651 orang. Lansia yang telah menjalani penyuntikan vaksin Covid-19 dosis kedua baru mencapai 2.263 orang.

“Angka realisasi itu masih sangat jauh dari target, sehingga lansia Aceh diminta tidak takut menjalani vaksinasi guna membentuk kekebalan tubuh,” kata juru bicara Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Selasa (4/5/2021).

Dia juga meminta warga untuk ikut mendorong anggota keluarga melakukan vaksinasi Covid-19 di pusat-pusat pelayanan kesehatan terdekat. Di antaranta puskesmas dan puskesmas pembantu yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19.

Lansia di Aceh mengalami kesulitan mengakses tempat-tempat pelayanan vaksinasi Covid-19 hendaknya dibantu dan dimudahkan. Tujuannya agar tidak ada lansia yang hanya mendapatkan suntikan dosis pertama, tapi gagal mendapat dosis kedua pada waktu yang telah ditentukan hanya gara-gara kesulitan mengakses tempat vaksinasi.

Setiap orang diberikan dua dosis vaksin Covid-19, sesuai dengan aturan. Apabila hanya menerima satu dosis, maka selain tidak efektif membentuk antibodi spesifik secara sempurna, juga belum bisa diprediksikan dampak klinisnya dalam jangka panjang.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2