Gajah Betina 30 Tahun Ditemukan Mati Membusuk di Kubangan Kerbau Pidie, BKSDA Terjunkan Tim 

Jamal Pangwa · Kamis, 01 April 2021 - 18:33:00 WIB
Gajah Betina 30 Tahun Ditemukan Mati Membusuk di Kubangan Kerbau Pidie, BKSDA Terjunkan Tim 
Gajah betina yang ditemukan mati dan sudah membusuk di Pidie, Aceh. (Foto: iNews/Jamal Pangwa)

PIDIE, iNews.id - Seekor gajah liar berjenis kelamin betina ditemukan mati membusuk di lokasi kubangan kerbau Desa Papeun, Kecamatan Muara Tiga Laweung, Kabupaten Pidie, Aceh. Tim dari Balai Konservasi dan Sumer Daya Alam (BKSDA) Aceh, sejumlah dokter hewan serta aparat dari Polsek Muara Tiga Laweung langsung menuju lokasi gajah malang tersebut. 

Gajah yang diperkirakan berusia 30 tahun ini pertama kali ditemukan oleh warga yang hendak mencari kerbaunya. Namun bukan kerbau yang ditemui, justru bangkai gajah betina yang sudah mengeluarkan bau busuk. 

Jarak dari permukiman penduduk dan hutan tempat ditemukan bangkai gajah ini sekitar tiga kilometer. Selama ini, lokasi tersebut memang kerap didatangi kawanan gajah bisa sekitar 3-4 ekor. 

Tim BKSDA dan rombongan yang tiba di lokasi segera mengautopsi bangkai gajah. Mereka juga mengambil beberapa sampel organ dalam, isi lambung terutaam usus untuk memastikan penyebab kematiannya. 

Salah satu dokter hewan dari BKSDA Aceh, Rosa mengatakan, kemungkinan gajah tersebut mati sekitar sepekan lalu. Hal ini berdasarkan pembusukan yang terjadi dan isi dalam perut sudah mulai keluar. 

“Sampel akan dikirim ke Puslabor Mabes Polri untuk identifikasi penyebab kematian satwa di lindungi ini,” katanya, Selasa (30/3/2021). 

Editor : Umaya Khusniah