Gerhana Bulan Total, Air Pasang Terjang Lokasi Wisata Islami Pidie Jaya 

Jamal Pangwa · Kamis, 27 Mei 2021 - 09:25:00 WIB
Gerhana Bulan Total, Air Pasang Terjang Lokasi Wisata Islami Pidie Jaya 
Saung di objek wisata Pantai Kuthang, Pidie Jaya, Aceh hancur diterpa air pasang laut pada Rabu (26/5/2021). Puncak pasang diprediksi terjadi pada Kamis (27/5/2021). Foto: Jamal Pangwa

PIDIE JAYA, iNews.id - Air pasang laut bertepatan dengan gerhana bulan total, menghantam pesisir pantai Pidie Jaya, Aceh, Rabu (26/5/2021). Sebagian saung di objek wisata Islami Pantai Kuthang, Trienggadeng, turut mengalami kerusakan. 

Air pasang laut terjadi pada pukul 09.30-12.30 WIB. A Talep, salah satu pengelola saung di sekitaran Pantai Kuthang, mengungkapkan, air pasang laut bisa naik ke darat hingga 15 meter dari bibir pantai dengan tinggi dua meter dari permukaan laut.

"Kalau Kamis (27/5/2021) nanti, saat puncak pasang purnama,  biasanya air pasang bisa lebih besar dari hari ini," kata Talep.

Talep memilih untuk menutup usahanya sementara waktu. Dia mengantisipasi terjadinya banjir rob di Pantai Khutang karena sebelumnya air pasang tidak pernah sampai ke daratan.

Kondisi tersebut dibenarkan Edi, selaku ketua pemuda desa setempat. Lebih baik warga mulai mengantisipasi banjir rob melihat tingginya air pasang yang menghantam darat.

“Sebelumnya belum pernah terjadi seperti ini, air laut naik ke darat di lokasi wisata Kuthang. Jika air pasang purnama semakin tinggi, maka bisa berdampak terhadap bencana,” kata Edi. 

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: