Giat Sosialisasi Vaksin, Pemkot Sabang Masih Punya Stok 2.183 Dosis

Antara · Jumat, 28 Mei 2021 - 19:24:00 WIB
Giat Sosialisasi Vaksin, Pemkot Sabang Masih Punya Stok 2.183 Dosis
Wali Kota Sabang Nazaruddin melakukan vaksinasi Covid-19 di Aula Kantor Wali Kota Sabang, Selasa (27/4/2021).

BANDA ACEH, iNews.id - Sabang, salah satu pulau terluar di ujung barat Indonesia giat melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19. Beruntung masyarakat mau menerima vaksinasi dan sebanyak 6.328 dosis vaksin dari pemerintah pusat, 4.055 dosis telah terpakai.

Kepala Dinas Kesehatan Sabang, Firdiansyah mengatakan, masyarakat dari beberapa kalangan seperti tenaga kesehatan, ASN, TNI-Polri dan lansia telah menerima vaksinasi. Sekarang ini Sabang masih memiliki 2.183 dosis stok vaksin Covid-19.

“Kita hanya sifatnya mengimbau dan tidak memaksa. Kita terus sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak takut vaksin,” kata Firdiansyah, Jumat (28/5/2021).

Selama ini, menurut Firdiansyah, distribusi vaksin ke pulau paling ujung barat Indonesia itu berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan pelaksanaan vaksinasi di tengah masyarakat melalui pusat kesehatan masyarakat.

Namun kendalanya, kata dia, masih banyak masyarakat daerah Pulau Weh itu yang takut melakukan vaksinasi karena terpapar informasi bohong atau hoaks seputar vaksin melalui media sosial sehingga muncul berbagai pandangan masyarakat. Maka sosialisasi kepada masyarakat terus dilakukan. 

“Hingga kini kita masih terus bergerak melakukan vaksinasi. Kita terus imbau agar masyarakat mau melakukan vaksinasi,” tuturnya.

Editor : Erwin Sihombing