Kecewa Tempat Wisata di Aceh Ditutup, Mahasiswa Ini Lapor Mendagri

Jamal Pangwa ยท Selasa, 01 Juni 2021 - 15:52:00 WIB
Kecewa Tempat Wisata di Aceh Ditutup, Mahasiswa Ini Lapor Mendagri
Penutupan objek wisata di wilayah Aceh Besar dikeluhkan pedagang atau pengelola usaha di kawasan tersebut. Pedagang merasa Satgas Covid-19 belum melakukan sosialisasi. Foto: Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Penutupan tempat wisata di sejumlah lokasi di Aceh, membuat banyak masyarakat kecewa. Selain pedagang, mahasiswa Aceh, Sulthan Alfaraby juga mengeluhkan kebijakan tersebut.

Sulthan mengaku melapor ke Kemendagri untuk meminta solusi atas kebijakan Pemda Aceh menutup tempat wisata. Sebab banyak masyarakat bertahan hidup dengan mengandalkan destinasi wisata sebagai lokasi berdagang.

"Saya sudah menghubungi pihak kementerian untuk kita utarakan aspirasi masyarakat. Salah satunya yang kita inginkan adalah tentang solusi yang relevan untuk diadopsi nantinya agar ada jalan keluar. Insya Allah kita harap bisa terealisasi secepatnya", kata Sulthan, Selasa (1/6/2021).

Satgas Covid-19 menutup sejumlah objek wisata di Aceh. Seperti di Aceh besar, pantai-pantai ditutup karena mengikuti instruksi mendagri terkait penerapan PPKM skala mikro pada wilayah zona oranye.

Banyak pedagang merasakan dampak ekonomi dari kebijakan tersebut. Sulthan memahami dilema ini namun berharap pemerintah pusat dapat memberi solusi kepada masyarakat yang mengadalkan tempat wisata untuk berusaha.

"Jika terus-terusan begini, maka warga yang menopang hidup dengan tempat wisata mau dibawa kemana? Saya harap pemerintah membuka ruang demokrasi untuk ini demi merekonstruksi ekonomi masyarakat Aceh di tengah pandemi", kata dia. 

Editor : Erwin Sihombing