Kisah Prajurit TNI di Aceh, Tembus Hutan untuk Peringati Hari Pahlawan di Makam Cut Meutia

Jamal Pangwa ยท Jumat, 12 November 2021 - 06:23:00 WIB
Kisah Prajurit TNI di Aceh, Tembus Hutan untuk Peringati Hari Pahlawan di Makam Cut Meutia
Prajurit peringati Hari Pahlawan di makam Cut Meutia di Aceh Utara (Jamal Pangwa/MNC Portal)

ACEH UTARA, iNews.id - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari pahlawan. Mulai dari mengikuti upacara atau berziarah ke makam para pejuang. Kali ini, hal berbeda justru muncul di kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Mereka rela naik-turun gunung, menembus hutan belantara, menyeberangi sungai, serta kehujanan demi satu tujuan, yakni memperingati hari pahlawan di makam pahlawan nasional Cut Meutia.

Makam itu terletak di kawasan hutan lindung Gunung Lipeh, Ujung Krueng Kereuto, Pirak Timue, Aceh Utara, Aceh. Jika berangkat dari pusat Kecamatan Pirak Timue, membutuhkan waktu 12 jam melewati hutan, gunung, serta sungai.

"Para prajurit Kodim 0103/Aceh Utara berangkat pada hari Selasa (9/11/2021) kemarin. Nginap di hutan selama satu hari yang terus diguyur hujan dan paginya tepat di hari Rabu pada tanggal (10/11/2021) melakukan upacara seadanya di makam pahlawan Cut Meutia yang jauh dari perkotaan," kata Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto, Jumat (12/11/2021) .

Upacara tersebut diikuti ratusan peserta yang terdiri dari personel Kodim 0103/Acut, Polres Aceh Utara, dan Polres Lhokseumawe, komunitas motor Trail, mahasiswa dan adik-adik pramuka, serta beberapa tokoh dan masyarakat Aceh Utara.

Mereka secara sukarela ikut bersama tim hanya untuk menghormati Cut Meutia sebagai pahlawan nasional.

"Kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat, maupun pahlawan bagi negeri Indonesia," sebut Letkol Oke.

Selain upacara bendera, para prajurit juga melakukan tabur bunga dan doa bersama di makam Cut Meutia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: