Padamkan Api, Personel TNI di Aceh Tenggara Harus Tempuh 3 Km Menuju Lahan yang Dibakar Warga 

Muhammad Jafar Yusuf · Rabu, 28 April 2021 - 14:33:00 WIB
Padamkan Api, Personel TNI di Aceh Tenggara Harus Tempuh 3 Km Menuju Lahan yang Dibakar Warga 
Personel TNI memadamkan lahan yang dibakar warga di Aceh Tenggara. (Foto: iNews/Muhammad Jafar Yusuf)

ACEH TENGGARA, iNews.id – Personel TNI Koramil 01/ Lawe Sigala gala yang harus menempuh jarak tiga kilometer menuju ke lokasi terpantaunya titik api di lahan milik warga Desa Lawe Desky 1, Kecamatan Babul Makmur, Kabupaten Aceh Tenggara. Teriknya matarahari pada Senin (26/4/2021) tak menyurutkan semangat personel untuk memadamkan api. 

Danramil 01/Lawe Sigala gala, Kapten Inf Risman Batubara mengatakan, pihaknya menerima informasi kebakaran lahan yang terdekteksi melalui Satelit Lapan. Lokasinya sekitar tiga kilometer dari koramil.

“Berawal sekitar pukul 15.00 WIB, piket Koramil melaporkan dari hasil pantauan satelit terdekteksi titik api. Kemudian beberapa personel langsung bergerak menuju ke lokasi untuk memastikan kebakaran di daerah tersebut,” katanya.

Danramil menyebutkan, kebakaran itu benar terjadi di lahan milik warga yang sengaja membakar sampah tongkol jagung hasil panen. Namun dampak dari pembakaran tersebut membuat api merambat cepat, karena kondisi tongkol jagung yang kering dan banyak berserakan. 

“Kondisi ini diperparah dengan cuaca juga sedang memasuki musim kemarau,” katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2 3