Polisi Tangkap Petani Aceh Utara yang Bikin Konten Pendaftarn GAM di Medsos

Antara ยท Sabtu, 24 April 2021 - 05:55:00 WIB
Polisi Tangkap Petani Aceh Utara yang Bikin Konten Pendaftarn GAM di Medsos
Polisi menangkap petani yang bikin konten provokatif di medsos. (Foto: Antara).

BANDA ACEH, iNews.id - Polisi menangkap seorang petani di Kabupaten Aceh Utara yang diduga membuat konten provokatif di media sosial. Pelaku membuat status yang berisi pembukaan pendaftaran Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy mengatakan, pelaku berinisial MJ (32), warga Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara. Pelaku saat ini sudah diamankan petugas.

"Terduga pelaku merupakan pemilik akun Facebook yang berisi konten provokatif. Dia berprofesi sebagai petani," kata Kombes Pol Winardy di Kota Banda Aceh, Jumat (24/4/2021).

Dia mengatakan, MJ ditangkap dan ditahan karena menulis status di akun Facebook miliknya bernama Alu Basoka. Dia mengajak warga melakukan gerakan separatisme.

"Status terduga pelaku terkait dengan ajakan pembukaan pendaftaran GAM," ujarnya.

MJ menuliskan, MoU Helsinki dianggap sudah relevan. Karena itu GAM membuka pendaftaran untuk wilayah Sumatera. Namun ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bergabung.

"Mengingat, menimbang, merasakan, karena MoU bin Helsinki ka innalillahi, memutuskan telah dibuka pendaftaran GAM wilayah Sumatera untuk GAM yang na di Aceh. Syarat dan ketentuan berlaku. GAM Sumatra," tulis MJ.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal