Ratusan Alat Komunikasi dan Barang Ilegal Hasil Sitaan di Tahun 2020 Dimusnahkan di Banda Aceh 

Syukri Syarifuddin · Kamis, 01 April 2021 - 13:53:00 WIB
Ratusan Alat Komunikasi dan Barang Ilegal Hasil Sitaan di Tahun 2020 Dimusnahkan di Banda Aceh 
Pemusnahan barang ilegal di Banda Aceh. (Foto: iNews/Syukri Syarifuddin)

BANDA ACEH, iNews.id - Ratusan alat komunikasi mewah merk iPhone, sejumlah alat elektonik dan barang-barang ilegal dihancurkan petugas Kantor Wilayah Bea dan Cukai Aceh, Rabu (31/3/2021). Barang sitaan tersebut dimusnahkan dengan cara dihancurkan dengan palu dan ada juga yang dibakar. 

Barang-barang ilegal tersebut di antaranya 110 unit handphone merk iPhone, sejumlah Handy Talky (HT) Motorolla, 43.812 batang rokok ilegal tanpa pita cukai serta dua truk barang-barang hasil sitaan petugas yang kasusnya telah inkrah atau berkekuatan hukum. Semuanya merupakan sitaan petugas Kanwil Bea Cukai Aceh saat patroli selama tahun 2020. 

Kabid Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Aceh, Sisprian Subiaksono mengatkan penyitaan dilakukan baik di darat maupun perairan. Selain itu, barang ilegal ini juga hasil sitaan di Sabang. 

“Sabang kan area bebas jadi barang boleh masuk, tapi kalau masuk ke darat harus bayar bea masuk. Sementara para pemilik tidak diketahui,” katanya. 

Dia juga meminta masyarakat agar dapat memberikan informasi kepada petugas jika melihat adanya praktik memasukkan barang ilegal dari luar negeri ke daratan Aceh.
 
Setelah dihancurkan, barang-barang itu langsung dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Kampung Jawa, Banda Aceh. 

Editor : Umaya Khusniah