Sehari Uji Coba Tilang Elektronik, 5.614 Warga Aceh Langgar Lalu Lintas

Antara ยท Rabu, 15 September 2021 - 13:51:00 WIB
Sehari Uji Coba Tilang Elektronik, 5.614 Warga Aceh Langgar Lalu Lintas
Tilang Elektronik atau ETLE (Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Sebanyak 5.614 warga Aceh melakukan pelanggaran lalu lintas. Hal ini terlihat saat Ditlantas Polda Aceh melakukan uji coba electronic traffic law enforcement (ELTE) atau tilang elektronik.

"Uji coba ETLE tersebut dilakukan melalui 20 titik kamera pemantau atau CCTV yang sejumlah tempat di Kota Banda Aceh," kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani, Rabu (15/9/2021).

Dicky menambahkan, dari 5.614 pelanggaran lalu lintas, sebanyak 4.137 pelanggaran di antaranya menerobos lampu merah. Selebihnya, 1.172 pelanggaran tidak memakai helm.

"Kemudian 305 pelanggaran tidak memakai sabuk pengaman penumpang mobil," kata dua.

Dicky menambahkan, pencatatan pelanggaran tersebut masih sebatas uji coba. Jika nanti diberlakukan, maka ribuan tilang akan dikirim setiap hari ke rumah pelanggar oleh petugas pos.

"Apabila ETLE diberlakukan secara resmi, maka tilang akan  berjalan terus selama satu kali 24 jam dan berkas tilang akan dikirim ke rumah pemilik kendaraan bermotor yang tercatat melalui jasa pos," kata dia.

Dicky kemudian memaparkan cara kerja ETLE yakni dengan membaca nomor polisi kendaraan bermotor saat terjadi pelanggaran. Dari nomor polisi tersebut diketahui alamat pemilik kendaraan bermotor.

"Apabila pemilik kendaraan bermotor tidak sesuai dengan surat tanda nomor kendaraan atau STNK, maka yang mendapat tilang tetap pemilik kendaraan bermotor sesuai nama di STNK," katanya.

"Apabila membeli kendaraan bermotor bekas agar segera melakukan balik nama agar pemilik sebelumnya tidak menjadi korban tilang," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: