Siswa SD di Aceh Besar Terpaksa Menyeberangi Sungai Habitat Buaya untuk Sekolah

Syukri Syarifuddin · Sabtu, 20 Februari 2021 - 00:55:00 WIB
Siswa SD di Aceh Besar Terpaksa Menyeberangi Sungai Habitat Buaya untuk Sekolah
Siswa SD dibantu TNI-Polri menyeberangi sungai. (Foto: Sindonews).

ACEH BESAR, iNews.id - Siswa SD di Desa Siron Blang, Kabupaten Aceh Besar, terpaksa menyeberangi aliran sungai yang menjadi habitat buaya untuk bisa bersekolah. Mereka terpaksa melintasi akses tersebut karena tak ada jembatan penghubung antardesa.

Sekretaris Desa Siron Blang Anwar mengatakan, setiap harinya memang siswa SD menyeberangi sungai dengan bertaruh nyawa di lokasi yang kerap muncul buaya.

"Mereka melintasi sungai sepanjang 25 meter seperti ini sudah dilakukan siswa dan warga hampir dua tahun lebih," kata Anwar di Kabupaten Aceh Besar, Jumat (20/2/2021).

Hal ini dilakukan karena akses jembatan yang sebelumnya dibangun pemerintah putus dan hancur diterjang banjir. Sementara bantuan alat penyeberangan hanya disediakan selama empat bulan, karena itulah warga harus menyeberangi sungai.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh telah memasang pamplet pemberitahuan akan bahaya buaya. Namun warga tidak memiliki alternatif lain untuk saat ini.

Selain rawan buaya, sungai tersebut juga memiliki arus deras saat hujan deras. Kondisi ini membuat warga tak bisa bersekolah ketika sungai meluap.

"Jadi saat air sungai tinggi, kami tidak bisa sekolah dulu," kata seorang siswa, Azmi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal