Tanggul Sungai Jebol, 22 Rumah di Aceh Tenggara Terendam Banjir

Antara ยท Rabu, 13 November 2019 - 13:55 WIB
Tanggul Sungai Jebol, 22 Rumah di Aceh Tenggara Terendam Banjir
Banjir akibat luapan sungai merendam rumah warga. (Foto: Dok iNews).

MEULABOH, iNews.id - Puluhan rumah warga di Desa Kuning Satu, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, terendam banjir. Air masuk ke permukiman warga setinggi 30 sentimeter akibat luapan Sungai Lawe Ketuban.

Musibah ini diduga terjadi akibat jebolnya tanggul sungai di kawasan tersebut, sehingga turut menggenangi badan jalan di Desa Kuning Satu, Kecamatan Bambel, Rabu (13/11/2019).

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah jebolnya aliran sungai Lawe Ketuban ini," kata Kepala BPBD Kabupaten Aceh Tenggara, Hasbi, saat dikonfirmasi wartawan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Rabu.

Musibah yang menyebankan 22 rumah terendam banjir tersebut juga menyebabkan 89 jiwa atau 22 kepala keluarga di daerah itu ikut terdampak.

Meski sebagian besar rumah warga terendam air sungai, namun masyarakat di sana ini belum juga memilih untuk tinggal di lokasi pengungsian.

Hasbi menduga, jebolnya tanggul sungai di daerah aliran sungai (DAS) Lawe Ketuban tersebut diduga akibat guyuran hujan yang terus-menerus sejak beberapa hari lalu, sehingga berdampak meluapnya aliran air sungai.

Agar musibah serupa tidak lagi terjadi, petugas BPBD dibantu aparatur desa bersama masyarakat sedang berupaya menutup tanggul sungai yang sempat jebol, sehingga luapan air tidak lagi merendam rumah warga di daerah itu.

"Saat ini ketinggian air sudah mulai berangsur surut," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal