Tempat Ibadah di Aceh, Ada Masjid Raya hingga Vihara Dharma Bakti

nanda permata sari ยท Rabu, 06 Oktober 2021 - 07:24:00 WIB
Tempat Ibadah di Aceh, Ada Masjid Raya hingga Vihara Dharma Bakti
Masjid Raya Baiturrahman Aceh. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Tempat ibadah di Kota Aceh memiliki nilai sejarah. Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung barat Indonesia. Kota ini terkenal dengan negri syariat Islam. 

Meski mayoritas muslim, masyarakat di Kota Aceh tetap menghargai perbedaan dan memiliki toleransi tinggi dalam beragama. 

Berikut merupakan tempat ibadah yang populer di Kota Aceh :

1. Masjid Raya Baiturrahman 

Masjid ini terletak di Desa Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Masyarakat Aceh menggunakannya sebagai tempat ibadah dan syiar Islam. Bahan bangunan yang pertama dari kayu dan menggunakan atap rumbia. Seiring berjalannya waktu, kini masjid tersebut berdiri dengan kokoh dan indah.

2. Gereja Santo Yosef Stasi Lawe Desky

Gereja ini merupakan gereja katolik terbesar di Aceh. Mayoritas umat gereja Santo Yosef Stasi Lawe Desky merupakan etnik Tapanuli, Karo dan Simalungun. Gereja ini terletak di Pastoran Katolik, Jalan Kutacane, Lawe Mantik, Babul Makmur, Aceh Tenggara.

3. Kuil Palani Andawer

Kuil ini berada di Jalan Tengku Dianjung Lampaseh Kota, Keudah, Kuta Raja, Kota Banda Aceh, Aceh. Kuil yang mempunyai nama lengkap Maha Kumbha Abhisegam Palani Andawer merupakan satu-satunya kuil Hindu yang terdapat di Serambi Mekah. Kuil Palani Andawer ini mampu menampung 600 orang.

4. Vihara Dharma Bakti

Vihara ini merupakan kelenteng yang paling tua dan paling besar di Banda Aceh. Vihara berada di Jalan Teuku Panglima Polem No.70 Peunayong terkenal dengan kampung Chinanya Aceh. Vihara ini dikelilingi pagar tembok putih, pintu merah menyala, lampion bergelantungan dan di depan Vihara ada replika dua naga yang terpisah oleh bola api.

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel: