Polisi memperlihatkan tandon air yang digunakan untuk mengangkut BBM subsidi di Mapolres Aceh Timur. (Foto: ANTARA/HO/Humas Polres Aceh Timur)
Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Bawa bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis solar secara ilegal menggunakan tandon air, dua orang pria di Aceh Timur ditangkap polisi. Kedua pelaku yakni berinisial HD (24), dan SL (48), mereka merupakan warga Kabupaten Aceh Timur.

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur AKP Miftahuda Dizha Fezuono mengatakan, keduanya ditangkap di kawasan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur, pada Kamis, (15/9/2022).

Kata dia, penangkapan kedua orang ini berdasarkan informasi dari masyarakat yang mengatakan bahwa  ada mobil bak terbuka mengisi BBM subsidi di sebuah SPBU berulang kali.

"Berdasarkan informasi tersebut, kami mengerahkan tim menyelidikinya. Tim juga sempat membuntuti mobil bak tersebut tersebut," katanya.

Kemudian, sambungnya, petugas menghentikan mobil tersebut. Petugas lalu memeriksa mobil dan menemukan tandon air ditutupi terpal dengan kapasitas satu ton. Tandon tersebut berisikan BBM subsidi jenis solar sebanyak 250 liter.

Ia menyebut, modus yang digunakan kedua pelaku dengan pengisi BBM ke tangki mobil. Dari tangki mobil terdapat selang yang terhubung dengan tandon air.

"Selanjutnya, keduanya memompakan minyak dari tangki mobil ke tandon menggunakan mesin pompa. Mesin pompa diletakkan di jok depan mobil," jelasnya.
 
Sementara itu, Kapolres AKBP Andy Rahmansyah menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya mencegah penyalahgunaan BBM subsidi dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Kami juga berpatroli untuk mengawasi SPBU. Kami mengimbau masyarakat Aceh Timur mengawasi pendistribusian guna mencegah segala bentuk penyimpangan BBM bersubsidi," ujarnya.  


Editor : Candra Setia Budi

BERITA TERKAIT