Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy. (Foto: Antara/M Haris SA)
Antara

PIDIE, iNews.id - Jajaran Polda Aceh membongkar tambang emas ilegal di kawasan Geumpang, Pidie, Provinsi Aceh. Dalam kasus ini, polisi mengamankan empat pelaku. Bahkan, tim sempat dicegat warga.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatajan, pencegatan dilakukan sekelompok orang pada Rabu (29/6/2022).

"Petugas sempat dicegat warga setelah tim gabungan Polda Aceh dan Polres Pidie menangkap empat terduga pelaku tambang ilegal serta mengamankan satu unit alat berat di kawasan Geumpang, Kabupaten Pidie," kata Kombes Pol Winardy, Jumat (1/7/2022).

Namun, kata Winardy, saat hendak membawa para pelaku beserta alat berat ke Polda Aceh, tim gabungan menerima informasi pencegatan yang dilakukan warga. Sehingga empat orang yang diamankan ini tidak dibawa.

Kemudian, tim gabungan kembali ke Mapolres Pidie di Sigli. Tapi dalam perjalanan, tim gabungan diadang sekelompok orang. Mereka menanyakan terkait penangkapan dan alat berat oleh tim gabungan.

"Petugas kemudian menjelaskan bahwa para penambang dan alat berat masih berada di lokasi tambang. Akhirnya sekelompok orang tersebut membubarkan. Kondisi di lokasi juga sudah kondusif," kata Kombes Pol Winardy.

Setelah pencegatan tersebut, tim gabungan kembali bergerak ke Mapolres Pidie di Sigli. Beberapa kilometer perjalanan, tim gabungan kembali dicegat sekelompok orang. Di tempat tersebut juga terlihat personel TNI dari Koramil Geumpang menenangkan warga 

"Mobil tim sempat digeledah sekelompok orang tersebut. Kemudian, personel bantuan dari Polres Pidie tiba. Setelah diberi pengertian, akhirnya sekelompok orang tersebut membubarkan diri," kata Winardy.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT