Gempa bumi mengguncang Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (1/10/2022). (Foto: BMKG)
Antara

JAKARTA, iNews.id - Getaran gempa Tapanuli Utara pada Sabtu (1/10/2022) dini hari dirasakan di sejumlah daerah di Sumatera Utara. Getaran dirasakan dengan skala MMI berbeda.

"Gempa bumi ini menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah warga di Tapanuli. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Daryono melanjutkan, getaran gempa dirasakan dengan skala VI MMI di Tarutung. Getaran gempa dengan skala V MMI juga dirasakan di Sipahutar. 

Daerah Singkil juga merasakan getaran gempa dengan skala intensitas IV MMI, dan daerah Tapaktuan dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas III MMI.

Daryono mengatakan, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG juga mengimbau masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Masyarakat juga diminta untuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggalnya cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT