Banjir di Aceh Utara (Antara)
Antara

ACEH UTARA, iNews.id - Pengungsi banjir di Aceh Utara mulai terserang penyakit. Mereka menderita demam, diare hingga gatal-gatal.

"Rata-rata pengungsi mengeluhkan penyakit flu, demam, diare, infeksi saluran pernapasan dan gatal-gatal,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Samsul Bahri, Senin (10/10/2022).

Dia menambahkan, pengungsi l sakit akibat kondisi cuaca yang tidak menentu dan kurangnya air bersih di lokasi pengungsian, mengingat banjir masih menggenang.

Samsul Bahri melanjutkan, pihaknya mendirikan posko kesehatan di empat titik lokasi banjir yakni di Kecamatan Lhoksukon dua posko.

"Kemudian Kecamatan Pirak Timu serta Kecamatan Matang Kuli, masing-masing satu posko. Di setiap posko ditempatkan sejumlah tenaga medis guna menangani pengungsi yang terserang berbagai penyakit,” katanya.

Selain petugas medis, kata dia, pihaknya juga menyiapkan empat ambulans keliling untuk menangani kesehatan korban banjir yang lokasinya terisolisasi.

Dia mengimbau warga yang terserang penyakit, khususnya lanjut usia dan wanita serta anak-anak agar segera melaporkan atau datang langsung ke posko pengobatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Kepada masyarakat terdampak banjir diharapkan untuk tetap menjaga kesehatan meskipun harus tinggal sementara di pos-pos pengungsian," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT