Polisi memperlihatkan barang bukti pembunuhan istri oleh suami di Mapolres Simeulue, Aceh, Kamis (23/6/2022). (ANTARA/Ade Irwansah)
Antara

SIMEULUE, iNews.id - Oknum aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Simeulue berinisial RS (46) membunuh istrinya sesama ASN. Dia menghabisi nyawa korban berinisial AS (40) gegara terbakar cemburu di kamar rumah mereka, Desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh.

Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko mengatakan, pelaku menduga sang istri berselingkuh dengan memiliki pria idaman lain di Medan, Sumatera Utara

"Pelaku cemburu dan sakit hati hingga membunuh istrinya. Korban berhubungan dengan pria idaman ini sudah berjalan selama setahun," kata AKBP Jatmiko didampingi Kepala Kejaksaan Kejari Simeulue R Hari Wibowo dan Wakil Bupati Simeulue Afridawati serta Kasatreskrim Polres Simeulue Iptu Rivandi Permana, Kamis (23/6/2022).

Kapolres mengungkapkan, pelaku sakit hari lantaran sudah memberikan semua harta untuk istrinya selama menikah seperti mobil, rumah, usaha isi ulang. Puncaknya mereka cekcok mulut hingga oknum ASN ini membunuh korban dengan cara memukul serta mencekiknya.

"Tersangka dijerat pasal pembunuhan dan juga kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Ancaman hukumannya maksimal hukuman mati atau minimal 20 tahun penjara," kata Jatmiko.

Kepala Kejari Simeulue R Hari Wibowo menuturkan, kasus pembunuhan istri oleh suami menjadi yang pertama di Simeulue sejak 23 tahun silam.

"Kasus ini menjadi yang pertama sejak kasus pembunuhan di Simeulue 1999. Kasus pembunuhan ini menjadi perhatian masyarakat. Kami mengajak masyarakat mengawal kasus tersebut hingga selesai," kata  Wibowo.

Sementara Wakil Bupati Simeulue Afridawati menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas terjadinya kasus pembunuhan tersebut. 

"Saya mewakili pemerintah daerah memohon maaf. Pelaku dan korban merupakan aparatur sipil negara yang bekerja di Pemerintah Kabupaten Simeulue," kata Afridawati.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT