1 Agustus, Kartu Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Perjalanan di Gayo Lues

Dosaino Ariga · Jumat, 16 Juli 2021 - 09:55:00 WIB
1 Agustus, Kartu Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Perjalanan di Gayo Lues
Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam mendukung kebijakan kartu vaksinasi menjadi syarat perjalanan di Gayo Lues pada 1 Agustus 2021. Foto: iNews.id/Dosaino Ariga

GAYO LUES, iNews.id - Polres Gayo Lues mendukung kebijakan bupati yang mengharuskan kartu vaksinasi Covid-19 menjadi syarat perjalanan bagi warga maupun pendatang untuk masuk atau keluar wilayah pada 1 Agustus 2021 mendatang. Kebijakan tersebut diterapkan berdasarkan kesepakatan Forkopimda.

"Mulai 1 Agustus masyarakat atau tamu yang keluar masuk harus sudah melaksanakan vaksinasi. Kalau tidak melakukan vaksin, masyarakat yang keluar masuk itu dilarang atau diputarbalikan," kata Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam, Kamis (15/7/2021).

Kapolres memastikan bakal bersinergi dengan TNI dan Satpol PP/WH untuk menjalankan ketentuan tersebut. Sebab dalam pelaksanaannya tim gabungan harus berjaga-jaga di wilayah perbatasan yang menghubungkan Gayo Lues ke daerah tetangga seperti Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya, Aceh timur dan Aceh Tengah.

Keputusan menerapkan kebijakan kartu vaksinasi menjadi syarat perjalanan dilakukan jajaran Forkopimda dalam rapat dengan bupati pada Senin (12/7/2021). Kebijakan ini diambil untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayah itu.

Berdasarkan data dari Dinkes Gayo Lues, jumlah masyarakat sudah menerima vaksinasi pertama mencapai 15.000 atau sekitar 75 persen dari target. Sedangkan untuk tahap kedua baru sebanyak 5.000 orang atau sekitar 21 persen.

Editor : Erwin C Sihombing