1.403 Warga di Aceh Utara Mengungsi akibat Banjir

Antara ยท Sabtu, 13 November 2021 - 07:50:00 WIB
1.403 Warga di Aceh Utara Mengungsi akibat Banjir
Warga di Aceh Utara terdampak banjir. (Foto: Antara).

ACEH UTARA, iNews.id - Sebanyak 1.403 warga di Kabupaten Aceh Utara mengungsi akibat banjir yang melanda daerah tersebut. Tinggi muka air mencapai satu meter merendam rumah mereka.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara mencatat, warga mengungsi ini sebagian besar dari dua kecamatan yakni Kecamatan Lhoksukon dan Kecamatan Matang Kuli.

"Sedangkan empat kecamatan lainnya yang terdampak banjir yakni Kecamatan Kuta Makmur, Baktiya Barat, Pirak Timu dan Kecamatan Cot Girek, terdata tidak ada yang mengungsi," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Murzani, Jumat (12/11/2021).

Murzani mengatakan warga yang mengungsi yakni di Kecamatan Lhoksukon sebanyak 1.343 jiwa dan di Kecamatan Cot Girek sebanyak 60 jiwa.

"Warga di dua kecamatan ini terpaksa mengungsi karena ketinggian air mencapai 50 centimeter hingga satu meter," katanya.

Dia mengatakan banjir merendam ribuan rumah warga tersebut akibat jebolnya tanggul Krueng (sungai) Keurto. Selain itu, banjir juga merendam empat gedung sekolah dan lahan pertanian masyarakat.

Menurut dia  banjir yang merendam 38 desa di enam kecamatan tersebut terjadi akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut hingga mengakibatkan tiga titik tanggul Krueng Keurto jebol.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: