2 Siswi MTs di Banda Aceh Ciptakan Robot untuk Bantu Tenaga Kesehatan

Syukri Syarifuddin · Sabtu, 09 Oktober 2021 - 10:05:00 WIB
2 Siswi MTs di Banda Aceh Ciptakan Robot untuk Bantu Tenaga Kesehatan
Siswi MTs Aceh menciptakan robot untuk tenaga medis. (Foto: iNews/Syukri).

BANDA ACEH, iNews.id - Dua siswi dari MTs Negeri 1 Banda Aceh menciptakan robot untuk membantu para tenaga kesehatah. Kreasi ini akan diikutsertakan dalam kompetisi robotik 2021 di Jakarta pada pertengahan Oktober nanti.

Keduanya, Aufa Amalia dan Siti Athaya, akan mewakili Provinsi Aceh pada ajang robotik madrasah tingkat nasional yang digelar Ditjen Pendidikan Islam Kemenag.

Robot ciptaan anak MTs Aceh ini diberi nama Robot For Covid-19 Medical. Mereka merakitnya selama kurang lebih dua bulan, berbekal pengetahuan dari internet.

Teknologi ini memanfaatkan tenaga batrai. Kemampuannya memiliki sensor untuk mengenali objek dan membantu tenaga medis dalam pelayanan pasien Covid-19.

Siti Athaya mengatakan, ide pembuatan robot ini pada Juni 2021 lalu. Awalnya hanya mencari di google dan mulai membuat sketsanya.

"Fungsi robot ini untuk mengambil barang, karena tema tentang pandemi. Jadi bisa membantu tenaga medis mengambil barang-barang yang dibutuhkan," kata Siti, Sabtu (9/10/2021).

Sementara Guru Pendamping, Nurmahni Harahap, mengaku bersyukur dengan adanya antusias kedua siswinya. Malah mereka merancang robot yang bermanfaat bagi pelayanan medis.

"Alhamdulillah program ini selesai dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: