Angkasa Pura Minta Tim Satgas Covid-19 Tempatkan Anggota di Bandara SIM

Antara · Kamis, 22 Juli 2021 - 10:44:00 WIB
Angkasa Pura Minta Tim Satgas Covid-19 Tempatkan Anggota di Bandara SIM
Awak pesawat antre untuk menunjukan bukti tes PCR dan sertifikat vaksinasi Covid-19 kepada petugas kesehatan pelabuhan wilayah kerja Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar, Aceh, Senin (5/7/2021). Foto: Antara/Irwansyah Putra/Pras

BANDA ACEH, iNews.id - Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, meminta Satgas Covid-19 menugaskan tim di bandara untuk mempermudah koordinasi. Sebab sudah ditemukan kasus pemalsuan PCR dari hasil positif menjadi negatif, dan penumpang tiba di bandara dengan status positif Covid-19.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional SIM, Iwan Sutrisna, menyebutkan, keberadaan Tim Satgas Covid-19 di bandara akan mempercepat penanganan untuk mengantisipasi kasus-kasus tersebut. Setidaknya laporan dari pihak bandara direspons cepat.

"Kalau saja adanya Satgas Covid-19, maka bisa langsung dilakukan koordinasi, sehingga penanganannya lebih cepat," kata Iwan Sutrisna, Rabu (21/7/2021).

Iwan melanjutkan, Kementerian Kesehatan telah membuat akses bagi operator transportasi udara untuk pengecekan kesehatan penumpang secara otomatis dengan menunjukkan QR code pada aplikasi Pedulilindungi atau menunjukkan nomor NIK di tempat cek masuk. Aplikasi ini bisa menekan adanya kasus pemalsuan hasil PCR maupun memastikan kondisi kesehatan calon penumpang.

"Melalui aplikasi ini, kami memastikan bahwa penumpang yang sehat dan tidak terpapar Covid-19 yang bisa masuk pesawat dan terbang. Ini juga sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona," kata Iwan.

Editor : Erwin C Sihombing