ASN Banda Aceh Wajib Donor Darah

Antara · Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:19:00 WIB
ASN Banda Aceh Wajib Donor Darah
Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Aceh mendonorkan darahnya di Banda Aceh, Aceh, Selasa (19/1/2021). Foto: Antara

BANDA ACEH, iNews.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh menyatakan, jumlah pendonor darah berkurang selama pandemi Covid-19. Atas dasar itu PMI menggandeng Pemerintah Aceh agar seluruh ASN diwajibkan melakukan donor darah.

Gubernur Aceh telah menerbitkan instruksi sehingga setiap ASN dari Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) wajib melakukan donor darah. Petugas PMI rutin mendatangi kantor dinas untuk menggelar donor darah. 

“Jadi setiap hari kami turun ke lapangan, rutin, bergilir ke seluruh SKPA (dinas-dinas) untuk melakukan kegiatan donor darah dalam memenuhi kebutuhan darah setiap harinya. Kami juga kerja sama dengan pihak swasta, seperti hotel dan bahkan ada juga partai politik,” kata Ketua PMI Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny, Rabu (18/8/2021).

Menurutnya, jumlah pendonor di Aceh berkurang karena warga takut terpapar Covid-19 ketika melakukan aktivitas itu. Padahal Kota Banda Aceh membutuhkan 4.000 kantong darah setiap bulannya.

Dia mengatakan, sejauh ini PMI hanya mampu mengumpulkan 3.000 kantong darah setiap bulan. Sementara kebutuhan kantong darah di Banda Aceh mencapai 100 setiap harinya.

“Jadi kalau kita berhasil mengumpulkan 3.000 kantong darah dalam sebulan itu maka sudah sangat bagus di tengah pandemi ini. Karena untuk kebutuhan di Banda Aceh ini minimal 100 kantong darah per hari,” kata Qamaruzzaman.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: