Banjir di Aceh Timur Mulai Surut, Warga Bisa Beraktivitas

Antara · Senin, 22 November 2021 - 20:44:00 WIB
Banjir di Aceh Timur Mulai Surut, Warga Bisa Beraktivitas
Pengendara melintasi jalan nasional yang tergenang banjir di Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur (Foto: Antara)

ACEH TIMUR, iNews.id - Banjir yang merendam ratusan rumah di tiga gampong atau desa di Aceh Timur sudah mulai surut. Warga yang terdampak banjir akibat hujan deras melanda daerah itu kini mulai beraktivitas.

"Banjirnya sudah surut, aktivitas warga juga sudah mulai normal kembali,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur Ashadi, Senin (22/11/2021).

Meskipun banjir mulai surut, kata Ashadi, curah hujan masih tinggi. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat, terutama di sepanjang daerah aliran sungai tetap waspada terhadap bencana banjir.

“Bagi masyarakat yang rumahnya di pinggir sungai tetap berhati-hati. Jika sungai meluap, maka segera mencari tempat yang paling aman,” kata dia.

Sebelumnya, ratusan rumah di tiga gampong atau desa di Kecamatan Indra Makmur terendam banjir akibat hujan deras melanda daerah itu. Ketinggian air berkisar 20 hingga 50 centimeter

Namun tidak ada laporan gelombang pengungsian. Warga dilaporkan masih bertahan di rumah masing-masing. Ketinggian air hingga setengah meter.

Ashadi mengatakan berdasarkan data sementara, banjir terjadi di Desa Julok Rayeuk Selatan dengan korban terdampak mencapai 260 jiwa atau 52 kepala keluarga.

Selanjutnya, Desa Alue Le Mirah dengan korban terdampak mencapai 265 jiwa atau 65 kepala keluarga, dan di Desa Jambo Lubok dengan korban terdampak mencapai 915 Jiwa atau 183 kepala keluarga.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: