Bikin Bangga, Pahlawan Asal Aceh Laksamana Malahayati Jadi Nama Jalan di Jakarta

Antara ยท Rabu, 24 November 2021 - 13:54:00 WIB
Bikin Bangga, Pahlawan Asal Aceh Laksamana Malahayati Jadi Nama Jalan di Jakarta
Pemerintah DKI Jakarta menjadikan nama pahlawan asal Aceh, Laksamana Malahayati sebagai nama salah satu jalan di Ibu Kota Jakarta (Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Pemerintah DKI Jakarta menjadikan nama pahlawan asal Aceh, Laksamana Malahayati sebagai nama salah satu jalan di Ibu Kota Jakarta. Laksamana Malahayati merupakan pejuang perempuan yang berasal dari Kesultanan Aceh dalam melawan penjajah.

"Pada tahun 1585–1604, Laksamana Malahayati memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV,” kata kata Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Rabu (24/11/2021).

Menurut sejarah, Malahayati memimpin 2.000 orang dalam pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah syahid) berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda.

Kejadian itu terjadi pada tanggal 11 September 1599 sekaligus membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal.

“Dari perjuangan Keumala Hayati itu patut kita dijadikan contoh, apalagi bagi generasi muda sekarang. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan Beliau. Seorang perempuan yang gigih berani dalam mengusir penjajahan,” katanya.

Ketua Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (TIM) Jakarta, Surya Dharma, mengatakan, Laksamana Malahayati adalah jenderal pertama di dunia seorang wanita yang menjadi panglima angkatan laut.

"Karena sampai saat ini belum ada lagi panglima perang di dunia," kata dia..

Oleh karena itu, penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia, kemudian diabadikan Pemerintah DKI pada sebuah jalan, itu merupakan sebuah penghormatan kepada Pahlawan yang berasal dari Aceh.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: