BMKG: Sejumlah Daerah di Aceh Masih Akan Diguyur Hujan Deras

Antara ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 09:15:00 WIB
BMKG: Sejumlah Daerah di Aceh Masih Akan Diguyur Hujan Deras
Lahan persawahan di Pidie, Aceh terendam banjir. (Foto: iNews/Jamal Pangwa)

BANDA ACEH, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah daerah di Aceh masih diguyur hujan deras selama beberapa hari ke depan. Warga diminta mewaspadai tanah longsor dan banjir.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Zakaria Ahmad mengatakan, dari analisis fenomena cuaca atmosfir terlihat adanya pemicu terbentuknya awan-awan hujan.

"Belokan angin dan juga anomali suhu muka laut itu juga terpantau di Samudera Hindia barat Sumatera yang berpotensi adanya penambahan penguapan uap air di atmosfir Aceh," kata Zakaria di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Selasa (19/1/2021).

Dia menyebut, sejumlah daerah yang berpotensi diguyur hujan deras, mulai Rabu (20/1/2021) hari ini, antara lain Kabupaten Gayo Lues, Aceh Timur, Kota Langsa, Aceh Utara, Bener Meriah, dan Aceh Tengah. Sementara beberapa daerah lainnya berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Zakaria mengimbau, warga untuk waspada terhadap bencana yang dipicu oleh curah hujan dengan intensitas tinggi, seperti tanah longsor di wilayah bagian Tengah Aceh dan banjir di wilayah timur dan barat selatan Provinsi Aceh.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal