BPBD Aceh Barat Fokus Tangani Banjir dan Tanah Longsor

Antara · Selasa, 12 Januari 2021 - 11:55:00 WIB
BPBD Aceh Barat Fokus Tangani Banjir dan Tanah Longsor
Belasan desa di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya, direndam banjir, Rabu (23/9/2020). (Foto: iNews/BNPB)

MEULABOH, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Aceh fokus pada pencegahan dan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor pada tahun 2021. Kedua bencana ini sering terjadi di Aceh Barat.

“Kita memfokuskan penanggulangan banjir dan tanah longsor karena selama ini kedua jenis bencana alam tersebut sering terjadi di Aceh Barat,” kata Kepala BPBD Aceh Barat, Mukhtrauddin, Senin (11/1/2021).

Dia menambahkan, pada 2020 total anggaran dana darurat yang dialokasikan untuk menanggulangi bencana alam mencapai Rp700 juta lebih. Dana tersebut digunakan untuk membangun sarana jembatan darurat, normalisasi aliran sungai, pembangunan tanggul sementara di lokasi longsor, pengerukan muara sungai, serta aneka kebutuhan penanggulangan secara darurat sebelum dikerjakan secara permanen.

Pada tahun ini, dana alokasi sementara untuk melakukan tindakan reaksi cepat pada Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2021 sebesar Rp437 juta. Dana tersebut disediakan sebagai upaya untuk menanggulangi bencana secara darurat dan cepat setelah terjadinya bencana alam.

Editor : Umaya Khusniah