Cegah PMK Meluas, Pemkab Aceh Timur Tutup Pasar Hewan

Antara · Selasa, 07 Juni 2022 - 08:00:00 WIB
Cegah PMK Meluas, Pemkab Aceh Timur Tutup Pasar Hewan
Pasar hewan di Aceh Timur ditutup untuk cegah PMK (Antara)

ACEH TIMUR, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur menutup sejumlah pasar hewan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Penutupan pasar hewan tersebut untuk membatasi pergerakan hewan ternak agar tidak tertular PMK," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Timur Liza Murdhani, Selasa (7/6/2022).

Dia menambahkan, penutupan pasar hewan sudah berlangsung sejak dua pekan lalu dan sebagai upaya pemerintah daerah mencegah penularan dan penyebaran penyakit mulut dan kuku.

"Penutupan pasar hewan juga untuk membatasi transportasi ternak. Sebab, alat transportasi pembawa ternak juga bisa sebagai sumber pembawa virus ke tempat lain," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pasar hewan menjadi lokasi rentan penyebaran penyakit itu pada hewan ternak. Pasalnya di pasar hewan, semua ternak dari berbagai daerah berkumpul, sehingga memudahkan penularan dan penyebaran virus seperti penyakit mulut dan kuku.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsAceh di Google News

Bagikan Artikel: