Dinkes Kecam Penumpukan Limbah Medis di RSUD Pidie Jaya

Jamal Pangwa · Senin, 24 Mei 2021 - 14:44:00 WIB
Dinkes Kecam Penumpukan Limbah Medis di RSUD Pidie Jaya
Limbah medis di RSUD Pidie Jaya dibiarkan menumpuk. Foto: iNews.id/Jamal Pangwa

PIDIE JAYA, iNews.id - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pidie Jaya, Aceh, Eddy Azwar, mengecam menumpuknya limbah medis di RSUD Pidie Jaya. Seharusnya sampah medis segera dimusnahkan karena berbahaya dan rentan disalahgunakan.

Dia menyayangkan kasus tersebut, namun bisa memahami kendala yang dialami RSUD Pidie Jaya. Dia meyakini, rumah sakit mengalami kendala karena adanya ketentuan ketentuan kerja sama dengan pihak ketiga dalam mengelola limbah medis.

"Ya kita sangat menyayangkan dengan sampah dibiarkan bertumpuk begitu saja. Seharusnya sampah berbahaya itu, harus secepatnya dimusnahkan," kata Eddy, Senin (24/5/2021).

Menurut dia, pengelolaan limbah medis di seluruh Puskesmas dan rumah sakit, di Pidie Jaya, selalu bekerja sama langsung dengan pihak ketiga untuk dilakukan pemusnahannya. Sebab Pidie Jaya tidak memiliki mesin pembakaran.

Namun demikian, RSUD Pidie Jaya seharusnya memiliki alternatif lain untuk mencegah penumpukan limbah medis. Terlebih limbah medis bisa memaparkan penyakit berbahaya bagi warga.

"Peraturan saja tidak membenarkan sampah medis di biarkan begitu saja. Harus dimusnahkan secepatnya biar tidak berefek pada lingkungan sekitar kita, maka itu saya sangat menyayangkan cara pengolahan sampah medis di rumah sakit kita ini," ucap Eddy Azwar.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: