Dinyatakan Sehat, Seekor Harimau Sumatera Dilepasliarkan ke TNGL

Antara ยท Minggu, 14 Maret 2021 - 08:30:00 WIB
Dinyatakan Sehat, Seekor Harimau Sumatera Dilepasliarkan ke TNGL
Seekor harimau sumatera yang ditangkap di Gayo Lues. (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id – Seekor harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) yang sebelumnya sempat dirawat di Barumun Sanctuary kembali dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Pelepasliaran dilakukan setelah kondisi fisik dan kesehatan harimau ini dinyatakan pulih.  

"Pelepasliaran harimau tersebut setelah tim medis menyatakan satwa dilindungi itu sehat. Pelepasliaran untuk mengembalikan harimau sumatera tersebut ke habitat," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto, Sabtu (13/3/2021).

Dia menceriktakan, awalnya harimau tersebut masuk perangkap BKSDA Aceh di Desa Pangkalan Sulampi, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, 13 Desember 2020. Pemasangan perangkap tersebut sebagai upaya penyelamatan. 

“Harimau sumatera jantan yang diperkirakan berusia antara empat hingga lima tahun itu berada dalam wilayah risiko tinggi,” katanya.

Setelah masuk perangkap, harimau tersebut dievakuasi dan dititipkan Barumun Sanctuary yang berada di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Penitipan dilakukan untuk perawatan dan kenyamanan harimau sumatera tersebut.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2