Ganggu Stabilitas Nasional, Aceh Barat Tolak Pajak Sembako

Antara ยท Senin, 14 Juni 2021 - 08:12:00 WIB
Ganggu Stabilitas Nasional, Aceh Barat Tolak Pajak Sembako
Bupati Aceh Barat Ramli MS meminta pemerintah pusat membatalkan wacana pengenaan PPN sembako dalam RUU KUP. Aceh Barat mendukung langkah pemerintah dalam mengoptimalkan sumber baru pendapatan negara. Foto: Antara

MEULABOH, iNews.id - Aceh Barat menolak rencana pemerintah mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap sembilan bahan pokok (sembako) dalam Rancangan Undang-Undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP). Bupati Aceh Barat, Ramli MS, menyebut rencana tersebut bisa mengganggu stabilitas nasional.

Ramli mengatakan, berdasarkan berbagai masukan yang diterima oleh pemerintah daerah dari kalangan masyarakat, wacana tersebut akan menyebabkan persoalan baru di tengah masyarakat. Selain karena ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, pengenaan PPN terhadap sembako juga akan berdampak pada daya beli masyarakat.

"Sebaiknya wacana pengenaan PPN sembako tidak dilakukan karena hal ini dikhawatirkan akan timbulkan gejolak di tengah masyarakat. Wacana ini berbahaya," kata Ramli pada akhir pekan lalu.

Dia memandang rencana tersebut layak untuk dibatalkan. Sebab membuka potensi penolakan keras dari masyarakat hingga turun ke jalan.

"Kami meminta kepada Bapak Presiden Joko Widodo agar menolak rencana pengenaan PPN ini. Jika hal ini dibiarkan, kami khawatir akan terjadi gejolak di tengah masyarakat," katanya.

Di sisi lain, Ramli MS mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah. Khususnya di dalam mencari sumber baru pengenaan pajak guna meningkatkan pendapatan negara.

"Sebagai pejabat negara di daerah, saya mendukung sepenuhnya kebijakan Bapak Presiden. Kami selalu siap mengawal dan menjalankan setiap perintah Presiden," kata Ramli.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: