Gugur Ditembak KKB Papua, Pemakaman Bharatu Kurniadi Diiringi Isak Tangis Keluarga

Antara ยท Senin, 27 September 2021 - 19:18:00 WIB
Gugur Ditembak KKB Papua, Pemakaman Bharatu Kurniadi Diiringi Isak Tangis Keluarga
Almarhum Bharatu M Kurniadi Sutio dimakamkan secara upacara militer di TMP Aceh Tamiang, Aceh, Senin (27/9/2021). (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id – Pemakaman Bharatu Muhammad Kurniadi Sutio anggota Brimob yang gugur dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua diiringi isak tangis keluarga.

Ibu dan adik almarhum tak kuasa menahan tangis saat melihat jenazah dibawa enam anggota Brimob berseragam hitam. Ibu almarhum terlihat syok dan pingsan saat jenazah Bharatu ANM Muhammad Kurniadi Sutio dishalatkan di Masjid Jauhariah.

Setelah dishalatkan, jenazah Bharatu Kurniadi kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Johar, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Senin (27/9/2021).

Pemakaman dilangsungkan dalam upacara militer dengan inspektur Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Aceh AKBP Beridiansyah.

Prosesi pemakaman putra Aceh Tamiang yang gugur dalam kontak tembak dengan KKB di Provinsi Papua itu dipadati masyarakat.

Zakirsyah (55), ayah almarhum, mengatakan Muhammad Kurniadi merupakan putra ketiga dari empat bersaudara. Abangnya merupakan prajurit TNI AD bertugas di Solo, Jawa Tengah.

"Ardi, panggilan akrab almarhum, sudah dua kali menjalankan tugas ke Papua. Pada 2020 bertugas selama enam bulan dan pada 2021 baru tiga bulan," kata Zakirsyah.

Zakirsyah menuturkan, almarhum pernah pulang ke kampung Aceh Tamiang pada April 2021. Saat itu, almarhum baru saja selesai latihan persiapan ke Papua.

"Keluarga menerima cobaan ini dengan ikhlas. Jenazah dimakamkan di Kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Kampung Pahlawan-Johar, Aceh Tamiang dengan prosesi upacara militer," kata Zakirsyah.

Wadansat Brimob Polda Aceh, AKBP Beridiansyah mengatakan, almarhum merupakan putra terbaik bangsa yang juga putra Kabupaten Aceh Tamiang.

"Yang bersangkutan gugur sebagai kusuma bangsa. Yang bersangkutan telah mendarmabaktikan hidupnya untuk negara," kata AKBP Beridiansyah.

Dia menegaskan TNI dan Polri akan hadir di tengah masyarakat untuk menumpas kejahatan kriminal bersenjata, khususnya di Provinsi Papua.

"Negara tidak boleh kalah. Negara harus hadir di tengah masyarakat untuk membasmi semua segala bentuk kejahatan," kata AKBP Beridiansyah.

Bupati Mursil dan unsur Forkopimda Aceh Tamiang serta anggota Dewan ikut menshalatkan anggota Polri yang gugur dalam baku tembak dengan KKB di Pegunungan Bintang, Papua tersebut.

Bupati Aceh Tamiang Mursil menyatakan turut berbelasungkawa dan meminta pihak keluarga tabah menghadapi ujian ini.

"Insyaallah, almarhum Bharatu Muhammad Kurniadi, anak bangsa syahid karena dia gugur saat sedang menjalankan tugas mulia dari negara," kata Mursil.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: