Hukum Tajwid Surat Al Ahzab Ayat 70, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya

Rilo Pambudi · Jumat, 09 September 2022 - 22:02:00 WIB
Hukum Tajwid Surat Al Ahzab Ayat 70, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
PHukum tajwid surat Al Ahzab ayat 70 (Foto: Pexels)

JAKARTA, iNews.id - Hukum tajwid surat Al Ahzab ayat 70 dapat menjadi pelajaran penting dan bermanfaat. Ada beberapa kaidah hukum bacaan yang patut diketahui dalam ayat tersebut.

Memahami hukum bacaan sesuai kaidah tajwid sangat penting supaya ayat yang dibaca tidak salah pemaknaannya. Terlebih, ada makna penting yang disampaikan dalam surat Al Ahzab ayat 70.

Berikut adalah bunyi dan arti surat Al Ahzab ayat 70:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًاۙ

Latin: Yaaa aiyuhal laziina aamanut taqul laaha wa quuluu qawlan sadiidaa

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar,

Berdasarkan tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, Allah memerintahkan kaum Mukminin untuk bertakwa kepadaNya dalam seluruh kondisi mereka, lahir dan batin. 

Dari takwa itu Allah mengkhususkan dan mensunnahkan untuk berkata benar, yaitu perkataan yang sejalan dengan yang benar atau mendekati kebenaran di saat sesuatu yang meyakinkan itu udzur (sulit dipastikan), berupa bacaan, dzikir, amar ma’ruf, nahi mungkar, mempelajari ilmu dan mengajarkannya, berupaya maksimal untuk memperoleh yang tepat dalam masalah-masalah ilmiah, dan setiap sarana yang membantu untuknya. 

Dan termasuk perkataan yang benar adalah berkata lembut dan santun dalam berbicara kepada orang lain dan perkataan yang mengandung nasihat dan bimbingan kepada apa yang lebih maslahat.

Untuk memahami lebih rinci mengenai hukum tajwid surat Al Ahzab Ayat 70, berikut ini uraian detail dan penjelasannya yang dilansir iNews.id, Kamis(8/9/2022).

Hukum Tajwid Surat Al Ahzab Ayat 70

1. يٰٓاَ = Mad jaiz munfasil, alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

2. الَّذِيْنَ = Alif lam syamsiyah, karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam).

3. الَّذِيْنَ = Mad asli atau mad thabi’i, karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. الَّذِيْنَ اٰمَنُوا = Mad badal, karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. اللّٰهَ = Tafkhim, karena lafadz Allah didahului oleh huruf hijaiyyah qaf berharakat dhammah. Cara membacanya tebal.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: